Temufi

Blog Temufi Lifestyle dan Bisnis

Zat besi merupakan elemen penting bagi tubuh. Kenapa demikian? Karena zat besi adalah elemen yang membentuk hemoglobin (protein yang membawa oksigen dalam tubuh). Bukan hanya itu, zat besi juga menjadi elemen penting dalam myoglobin (protein yang membawa oksigen ke otot).

Dari pengertian diatas, dapat dilihat bahwa zat besi berperan cukup vital dalam tubuh manusia. Kekurangan asupan zat besi, bisa saja akan menganggu metabolism tubuh untuk mengalirkan oksigen. Oleh karena itu, Anda mungkin akan butuh beberapa makanan sumber zat besi. Apa sajakah itu?

5 Sumber Makanan Zat Besi

  1. Daging merah

Makanan sumber zat besi yang pertama adalah daging merah. Anda bisa mendapatkan daging merah pada daging sapi, kambing, atau yang lainnya. Hanya saja, daging sapi memiliki kandungan zat besi paling tinggi daripada kambing atau domba. Di dalam 100 gram daging sapi, terdapat sekitar 3 mg zat besi.

  1. Jeroan

Jeroan seperti hati, jantung, otak mengandung zat besi yang lumayan lho! Contohnya pada 1 hati ayam seberat 45 gram, terdapat sekitar 4 mg zat besi.

  1. Ikan dan makanan laut

Selanjutnya, makanan yang mengandung zat besi ada ikan. Ikan tuna, salmon, sarden, tongkol, dan sea food lainnya memiliki kandungan zat besi. Anda bisa mengkonsumsi makanan laut secara berkala.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau dikenal sebagai sumber zat besi yang enak dimakan dan mudah untuk didapatkan. Seperti contoh dalam 180 gram bayam, terkandung sekitar 7 miligram zat besi. Kandungan yang sama mungkin bisa didapatkan pada sayuran hijau yang lain.

  1. Tahu

Makanan sumber zat besi lainnya adalah tahu. Dalam 100 gram tahu, terkandung sekitar 5 mg zat besi. Tahu juga dikenal debagai salah satu olahan yang banyak dikenal di masyarakat dan mudah didapatkan.

Itulah pengertian, dan juga beberapa sumber zat besi yang bisa Anda gunakan sebagai referensi menu harian. Jangan lupa jaga Kesehatan selalu dan penuhi asupan nutrisi dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat! Share ke teman terdekatmu ya.

 

RELATED ARTICLES

Pengertian, dan 5 Sumber Makanan Zat Besi!

Zat besi merupakan elemen penting bagi tubuh. Kenapa demikian? Karena zat besi adalah elemen yang membentuk hemoglobin (protein yang membawa oksigen dalam tubuh). Bukan hanya itu, zat besi juga menjadi elemen penting dalam myoglobin (protein yang membawa oksigen ke otot). Dari pengertian diatas, dapat dilihat…

Leave a Reply

Your email address will not be published.