Temufi

Blog Temufi Lifestyle dan Bisnis

Merawat motor saat musim hujan perlu perhatian ekstra. Pasalnya, motor mudah menjadi kotor dan akhirnya dapat menyebabkan karat atau korosi. Karatan dapat terjadi terutama pada bagian-bagian berbahan dasar besi sehingga akan cepat rapuh. Jika motor berkarat, apalagi sudah sampai ke komponen penting, akan menimbulkan masalah pada kinerja motor. Salah satu caranya yaitu rutin mengganti oli dengan jenis oli terbaik untuk motor matic. Cara lain untuk mencegah karat pada motor dapat Anda temukan pada ulasan di bawah ini.

  1. Jangan lewati genangan air. Genangan air kerap kali muncul saat musim hujan. Jika motor terkena genangan air, akan menyebabkan korosi pada velg dan beberapa komponen motor yang berbahan dasar besi. Hindari jalanan yang tergenang air dan bersihkan motor dengan benar untuk menghilangkan bekas air hujan yang menempel. Memperhatikan kebersihan motor adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin motor tidak cepat berkarat.
  2. Rutin cuci motor. Mencuci motor sangat penting dilakukan, terutama setelah terkena air hujan. Sebab, air hujan dapat menyebabkan karat karena zat asam yang terkandung di dalamnya. Anda juga dapat memakai cairan anti karat supaya tidak mudah karatan. Aplikasikan pada bagian rantai dan bagian lainnya. Cairan anti karat dapat Anda temukan dengan mudah di toko peralatan otomotif. Saat dikeringkan, Anda dapat menggunakan kanebo supaya motor benar-benar kering.
  3. Kurangi penggunaan motor saat musim hujan. Mengurangi intensitas penggunaan motor saat musim hujan adalah cara yang paling efektif untuk mencegah karatan pada rantai dan bagian lainnya. Jika jarak tempuhnya dekat, Anda dapat menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Namun jika terpaksa harus memakai motor saat musim hujan, pastikan kebersihan motor tetap terjaga setelah terkena air hujan.
  4. Jangan parkir di tempat terbuka. Motor yang diparkir di tempat terbuka akan sering terkena air hujan. Akibatnya, air hujan akan masuk ke komponen-komponen penting pada motor. Selain itu, mesin motor akan sulit dihidupkan jika air sudah masuk ke sistem kelistrikan atau busi. Carilah tempat parkir yang tidak langsung terkena sinar matahari, baik saat musim hujan maupun musim kemarau.
  5. Cek kebersihan rantai. Bagian motor yang perlu diberikan perhatian ekstra saat musim hujan adalah rantai dan komponen lain yang berbahan dasar besi. Anda dapat membersihkan rantai dengan sikat supaya kotoran dan air hujan yang menempel hilang. Setelah dibersihkan, lumasi rantai dengan pelumas khusus rantai. Selama membersihkan motor, dianjurkan menggunakan standar tengah supaya mudah dibersihkan.

Tips di atas dapat Anda lakukan sendiri di rumah sambil mengecek apakah ada komponen motor yang bermasalah. Jaga selalu kebersihan motor Anda. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

 

RELATED ARTICLES

jenis pemasaran

Jenis-jenis Pemasaran Untuk Kemajuan Usaha

Jenis pemasaran adalah faktor paling penting dalam berjalannya sebuah bisnis atau perusahaan. Para pemilik bisnis sering mendengar kata pemasaran. Pemilik bisnis tentu harus memahami kata tersebut, agar produk yang dijual dan ditawarkan adalah produk yang laku di pasaran dan sesuai sasaran. Apa saja jenis-jenis pemasaran…

Vanilla Hijab Daily Skirt Basic Emerald

Vanilla hijab memperkenalkan busana elegan. Pada umumnya para muslim menggunakan rok dalam berpakaian. Wanita yang memakai rok akan memiliki kesan lebih elegan. Rok sendiri hadir dengan desain berbeda – beda. Vanilla Hijab menawarkan rok berkualitas terbaik. Berikut keunggulan Vanilla Hijab Daily Skirt Basic Emerald antara…

Cara Mewujudkan Impian Memiliki Mobil Pribadi

Impian memiliki mobil pribadi bisa dimiliki oleh siapa saja. Mewujudkan nya adalah pilihan yang membutuhkan usaha dan kerja keras. Sebagaimana diketahui memiliki mobil pribadi mengharuskan adanya anggaran atau budget untuk membeli mobil itu sendiri. Anggaran atau budget yang dibutuhkan juga tergolong mobil adalah salah satu…

Leave a Reply

Your email address will not be published.