Temufi

Blog Temufi Lifestyle dan Bisnis

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan Satgas BLBI telah melayangkan somasi kepada obligor Kaharudin Ongko dan Agus Anwar. Kedua konglomerat itu diminta segera memenuhi kewajiban pembayaran utangnya kepada negara. "Satgas BLBI telah melakukan somasi kepada obligor Kaharudin Ongko dan Agus Anwar agar segera memenuhi kewajibannya," kata Mahfud dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (22/11/2021).

Diketahui Kaharudin Ongko punya kewajiban pembayaran utang ke negara sebesar Rp 8,2 triliun, dan telah termasuk biaya administrasi 10 persen. Tagihan tersebut terdiri atas hak tagih atas nama Bank Arya Panduartha senilai Rp359,4 miliar dan Bank Umum Nasional (BUN) senilai Rp7,8 triliun. Utang tersebut berasal dari krisis tahun 1997 1998 saat ia menjabat Wakil Presiden Komisaris BUN.

Pemerintah sejauh ini baru berhasil menyita dan mencairkan escrow account milik Kaharudin Ongko sebesar Rp109,5 miliar. Sementara Agus Anwar tercatat punya utang BLBI sebesar Rp104 miliar. Utang tersebut merupakan bagian dari Program Penyelesaian Kewajiban Pemegang Saham (PKPS) Bank Pelita Istismarat, selaku penjamin penyelesaian kewajiban debitur PT Panca Muspan dan PT Bumisuri Adilestari.

Mahfud selaku pengarah Satgas BLBI menyatakan, jika somasi tersebut tak diindahkan oleh keduanya, maka Satgas BLBI akan menempuh jalur hukum demi memastikan hak negara dipenuhi para obligor. "Apabila tidak diindahkan, maka Satgas BLBI akan menempuh langkah hukum untuk memastikan hak negara dipenuhi oleh obligor yang bersangkutan," tegas Mahfud. Bahkan Satgas BLBI lanjut Mahfud, akan melakukan upaya hukum pidana bila ditemukan ada pelanggaran hukum pidana yang dilakukan obligor atau debitur terkait aset jaminan.

"Satgas BLBI akan melakukan upaya hukum pidana apabila ditemukan adanya pelanggaran hukum pidana yang dilakukan oleh obligor/debitur yang terkait dengan aset jaminan," pungkasnya.

RELATED ARTICLES

jenis pemasaran

Jenis-jenis Pemasaran Untuk Kemajuan Usaha

Jenis pemasaran adalah faktor paling penting dalam berjalannya sebuah bisnis atau perusahaan. Para pemilik bisnis sering mendengar kata pemasaran. Pemilik bisnis tentu harus memahami kata tersebut, agar produk yang dijual dan ditawarkan adalah produk yang laku di pasaran dan sesuai sasaran. Apa saja jenis-jenis pemasaran…

Vanilla Hijab Daily Skirt Basic Emerald

Vanilla hijab memperkenalkan busana elegan. Pada umumnya para muslim menggunakan rok dalam berpakaian. Wanita yang memakai rok akan memiliki kesan lebih elegan. Rok sendiri hadir dengan desain berbeda – beda. Vanilla Hijab menawarkan rok berkualitas terbaik. Berikut keunggulan Vanilla Hijab Daily Skirt Basic Emerald antara…

Cara Mewujudkan Impian Memiliki Mobil Pribadi

Impian memiliki mobil pribadi bisa dimiliki oleh siapa saja. Mewujudkan nya adalah pilihan yang membutuhkan usaha dan kerja keras. Sebagaimana diketahui memiliki mobil pribadi mengharuskan adanya anggaran atau budget untuk membeli mobil itu sendiri. Anggaran atau budget yang dibutuhkan juga tergolong mobil adalah salah satu…

Leave a Reply

Your email address will not be published.