Temufi

Blog Temufi Lifestyle dan Bisnis

Dalam kehidupan sehari-hari anda pasti sering berhubungan dengan aktivitas kirim mengirim paket, utamanya ketika berbelanja online atau mengirimkan barang pada orang-orang tertentu yang berbeda kota.

Cara untuk mengirim paket sendiri sangat mudah, anda tinggal melakukan packing paket kemudian membawanya ke counter jasa ekspedisi terdekat. Setelah itu anda tinggal membayar sesuai jumlah yang ada pada bill. Lalu, paket diantarkan sampai ke tempat yang tertulis pada paket tersebut.

Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah ketika anda ingin mengirim paket ke luar negeri caranya sama seperti ingin mengirim paket antar wilayah di Indonesia ataukah berbeda?. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang perbedaan jasa kirim paket khusus dalam negeri dan luar negeri:

Apa Perbedaan Jasa Kirim Paket Ke Luar Negeri dan Dalam Negeri?

 

  1. Perbedaan Ongkir

Secara umum, perhitungan ongkos kirim biasanya dihitung berdasarkan berat barang dan juga jarak antara wilayah pengirim dan wilayah penerima. Hal tersebut juga berlaku untuk pengiriman paket ke luar negeri. Semakin jauh dan berat barang yang dikirim semakin mahal juga ongkir yang harus dibayarkan.

Selain membayar biaya ekspedisi, ada biaya lain yang harus dikeluarkan yakni biaya perizinan atau pajak. Seperti diketahui setiap barang yang memasuki negara tertentu akan dikenai pajak yang diatur sesuai dengan peraturan negara masing-masing.

Di Indonesia, lembaga yang biasa mengurusi hal seperti ini adalah ditjen bea cukai. Lembaga ini memeriksa setiap kelengkapan dokumen dari barang-barang yang masuk untuk memastikan barang tersebut adalah barang yang legal dan bukanlah barang-barang yang dilarang peredarannya.

  1. Penghitungan Berat

Pengiriman antar negara umumnya dilakukan dalam jumlah banyak dan juga besar menggunakan jasa pengiriman barang via laut. Paket paket nantinya akan dikirim menggunakan box box peti kemas menggunakan kapal laut dari setiap pelabuhan.

Jika anda mengirim barang dalam jumlah besar, biasanya tarif ongkir tidak dihitung berdasarkan jumlah berat barang, melainkan ukuran volume barang tersebut atau kubikasi. Semakin lebar atau panjang benda yang dikirim maka semakin mahal juga ongkirnya.

Namun, untuk barang-barang dalam jumlah kecil beberapa ekspedisi menggunakan satuan tarif per kilogram, terutama untuk pengiriman lewat jalur udara.

  1. Lama Pengiriman

Karena faktor jarak dan perizinan, pengiriman barang keluar negeri atau sebaliknya membutuhkan waktu yang lebih lama. Ini berbeda dengan pengiriman antar wilayah di Indonesia yang tidak membutuhkan izin tertentu.

Pada prakteknya, kebanyakan paket juga lama terkirim karena penumpukan peti kemas di pelabuhan yang menyebabkan antrian di pintu pemeriksaan. Di Indonesia sendiri setidaknya ada 3 pelabuhan yang biasa melayani bongkar muat barang dari luar negeri, yakni pelabuhan tanjung priuk di Jakarta, pelabuhan tanjung perak di Surabaya dan pelabuhan di Batam.

 

 

 

RELATED ARTICLES

Pengertian, dan 5 Sumber Makanan Zat Besi!

Zat besi merupakan elemen penting bagi tubuh. Kenapa demikian? Karena zat besi adalah elemen yang membentuk hemoglobin (protein yang membawa oksigen dalam tubuh). Bukan hanya itu, zat besi juga menjadi elemen penting dalam myoglobin (protein yang membawa oksigen ke otot). Dari pengertian diatas, dapat dilihat…

Leave a Reply

Your email address will not be published.