Temufi

Blog Temufi Lifestyle dan Bisnis

Salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia terjadi akibat masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Oleh karena itulah, sangat disarankan bagi semua orang untuk mulai rutin melakukan pengecekan tekanan darah dengan alat tensimeter digital yang akurat dan mudah digunakan. Lalu, apa sajakah kira– kira manfaat penting mengukur tekanan darah secara rutin bagi seseorang? Bagi Anda yang penasaran akan jawaban dari pertanyaan ini, maka bisa simak informasi lengkapnya pada uraian di bawah ini.

Apa saja manfaat mengukur tekanan darah secara rutin di rumah?

Perlu Anda ketahui, bahwa sejumlah dokter dan teknisi kesehatan memang merekomendasikan akan pentingnya mengukur tekanan darah secara rutin di rumah. Hal ini dikarenakan, pengukuran tekanan darah ini ternyata memiliki sejumlah manfaat penting yang mungkin saja selama ini tidak banyak diketahui orang. Beberapa manfaat mengukur tekanan darah secara rutin bagi seseorang di antaranya yakni sebagai berikut:

  1. Membantu mendiagnosis tekanan darah tinggi sejak dini

Salah satu manfaat penting melakukan pengukuran tekanan darah secara rutin di rumah yakni dapat membantu dokter untuk mendiagnosis tekanan darah tinggi lebih awal dibandingkan dengan hanya memiliki pembacaan tekanan darah sesekali di layanan medis. Terlebih lagi, pemantauan pengukuran tekanan darah di rumah ini dinilai sangat penting jika seseorang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau kondisi lain yang menjadi pemicu tekanan darah tinggi seperti diabetes atau masalah ginjal.

  1. Dapat mengantisipasi risiko hipertensi

Selain dinilai dapat mendiagnosis tekanan darah tinggi sejak dini, melakukan pengukuran tekanan darah di rumah juga bisa mengantisipasi risiko hipertensi. Pasalnya, masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi ini biasanya tidak menimbulkan keluhan sehingga sangat mungkin seseorang tidak akan menyadari jika mereka mengalami kondisi tersebut. Kondisi ini sering kali dikenal dengan istilah the silent killer. 

  1. Mampu meminimalisir risiko penyakit jantung hingga stroke

Rutin mengecek kondisi tekanan darah juga memiliki manfaat lain yakni dapat meminimalisir risiko terjadinya penyakit jantung, gagal ginjal, stroke dan sejumlah penyakit lain akibat tekanan darah tinggi. Apalagi menurut ahli medis, kondisi tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan masalah komplikasi di otak hingga menyebabkan seseorang terkena stroke.

  1. Sebagai evaluasi pengobatan

Melakukan pengecekan rutin tekanan darah juga sangat diperlukan sebagai bahan evaluasi pengobatan. Dikutip dari theasianparent, dr. Badai Bhatara, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Hipertensi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovasikular Indonesia (PP PERKI), menjelaskan bahwa kondisi hipertensi memang perlu dideteksi secara aktif sebagai bahan evaluasi pengobatan. Sebab, kita tidak bisa mengandalkan pemeriksaan tekanan darah hanya sesekali saja. Sehingga ketika ada diagnosis tekanan darah tinggi, maka bisa langsung dilakukan pengobatan sejak dini.

Itulah tadi berbagai manfaat pentingnya mengukur tekanan darah secara rutin di rumah. Dalam melakukan pengukuran tekanan darah ini, Anda perlu memiliki alat tensimeter yang bisa dibeli di pasaran seperti halnya di Omron yang pastinya menawarkan produk berkualitas dan harga terjangkau.

 

 

RELATED ARTICLES

Ketahui Promo Raize dan Detail Kendaraannya

Apakah Anda populer dengan brand kendaraan Toyota? Jika iya, pasti sudah mendengar tentang Raize. Ini merupakan varian terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut dengan menyediakan berbagai fitur canggih, modern, dan harga terjangkau namun berkualitas karena banyaknya promo Raize saat ini. Detail Toyota Raize Sebelum menentukan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *